Followers

Monday 14 October 2013

Pengertian Wayang Wahyu

 Wayang Wahyu diciptakan oleh Temotheus Mardji Subrata pada tahun 1960.  Ia berasal dari Malang, Jawa Timur. Ia lahir pada tahun 1960 dan wafat pada 17 Juli 1976. Generasi dalang yang meneruskannya antara lain Paulus Harsono dan Lucia Siti Aminah. Mereka adalah dalang wayang kulit purwa yang tertarik untuk mementaskan wayang wahyu.

Wayang Wahyu diciptakan dalam rangka untuk penyebaran agama Katolik. Kisah cerita yang diambil berdasarkan atas Kitab Perjanjian Lama yang menceriterakan kisah-kisah zaman para Nabi yang berkaitan dengan Kitab Injil, dan dilanjutkan dengan cerita-cerita dalam Perjanjian Baru yang mempunyai fungsi untuk pendidikan umat Katolik.

Tokoh-tokoh dalam Wayang Wahyu dibuat secara realistik dengan ornamen dan ricikan yang distilir mirip dengan sunggingan Wayang Kulit Purwa. Tokoh-tokoh dalam Wahyu antara lain, Samson dan Goliath. Tokoh sedangkan  tokoh Yesus digambarkan dengan mahkota berduri.

Pergelaran Wayang Wahyu ini diringi dengan musik dari nyanyian-nyanyian gereja, namun, juga masih tetap menampilkan suluk dan irama tradisional seperti pada Wayang Kulit Purwa

0 comments:

Post a Comment